Pernah Berlaga di Real Madrid Junior, Siapakah Sosok Pelatih Julio Banuelos Saez? Berikut Profil Lengkapnya!

julio banuelos

Bagi para Jakmania pasti tidak asing dengan nama Julio Banuelos Saez bukan? Dia merupakan pelatih yang ditunjuk secara resmi oleh Persija Jakarta dalam perhelatan Liga 1 2019. Pelatih Persija tersebut berasal dari Spanyol. Sebenarnya, seperti apa track record dari pelatih dari tim kebanggaan Jakmania ini?

Peresmian Julio Banuelos Saez sebagai Pelatih Andalan Persija

Sebelum menunjuk pelatih asal negeri Matador tersebut, banyak rumor yang beredar mengenai siapa pelatih Persija Jakarta.

Pada akhirnya, teka-teki mengenai tahta kolev Persija terjawab melalui akun resmi Instagram. Persija menyatakan sudah menjalin kerja sama dengan Banuelos sebagai pelatih utama.

Sebelumnya rumor menyebutkan nama mantan pelatih PSIS Semarang, Vincenzo Alberto Annese sebagai pelatih baru di Persija. Banuelos telah dikontrak tim andalan Jakmania hingga akhir musim dan perpanjangan jika menuai prestasi.

Lalu, Siapa Sosok Pelatih Asal Spanyol Julio Banuelos?

Sebenarnya, nama Banuelos sudah dikenal public sejak dirinya pertama kali menggantinkan posisi pelatih kipper Timnas Indonesia U-21, Eduardo Perez pada era Luis Milla.

Menariknya lagi, pelatih asal negeri matador tersebut bukan seorang kipper melainkan pemain bertahan di sepanjang kariernya sebagai pemain profesional.

Dirinya sendiri sudah melakoni karir di dunia lapangan hijau Real Madrid Junior sebagai pemain bek tengah. Selain itu, Banuelos juga dianggap mempunyai bakat bagus lantaran kemampuan dalam membaca gerakan dari lawan ketika masih junior.

Usai berlaga menjadi Real Madrid Junior, Pria yang sudah memasuki usia 48 tahun tersebut memperoleh kontrak dari klub Mirandes.

Kemudian, dirinya berkarir di dalam tim tersebut selama 1988-1990. Selama karirnya tersebut di Mirandes, Banuelos telah sukses melakoni 57 pertandingan dengan mencetak sebanyak 6 gol.

Lantaran penampilannya yang bagus, Banuelos pada akhirnya berkarir dengan Real Zaragoza B. dirinya juga menjalani laga hingga tiga musim dan mengikuti sebanyak 87 laga dan cetak 3 gol.

Usai merasa cukup sebagai pemain prfoesional, Banuelos pada akhirnya mengalihkan perhatiannya menjadi pelatih. Dirinya memulai karir sebagai pelatih di klub muda Unio Esportiva Lleida untuk pertama kalinya.

Usai dirinya menjadi pelatih di Esportiva Lleida, Banuelos kemudian memilih berkarir di Alaves Junior. Dirinya sukses mengubah Alaves Junior bermain bagus hingga pada akhirnya dirinya dipromosikan sebagai pelatih Alaves pada 2005.

Banuelos kemudian mengalihkan pandangan sekaligus mencoba mencari peruntungan sebagai pelatih di negara lain. Pada akhirnya, dirinya mendapatkan pekerjaan sebagai asisten pelatih di klub Sipris, AEK Larnaca.

Usia melakoni karir di Sipris, Banuelos memulai perjalanan karirnya di klub besar Siprus, APOEL. Namun statusnya masih menjadi asisten pelatih pada akhirnya dia mengikuti Premier League usai bergabung ke dalam tim Leeds United sebagai asisten pelatih.

Sekarang, Banuelos menginjakkan kaki sebagai pelatih di Indonesia. Lantaran keberhasilannya membawa skuad Timnas Indonesia U-23 mengalami peningkatan ketika era Luis Milla.

Pada akhirnya, Banuelos berhasil menjadi pelatih kepala di klub kebanggan Jakmania yakni, Persija Jakarta. Berikut profil lengkap Julio Banuelos.

Profil Julio Banuelos

Nama Lengkap sang pelatih Persija Jakarta yakni, Julio Banuelos Saez. Lahir pada tanggal 7 Desember 1970, berusia 48 tahun dengan tinggi 183 cm.

Karir Julio Banuelos

Pelatih asal negeri matador tersebut memiliki jenjang karir saat masih junior di Real Madrid. Kemudian menjalani karir seniornya di Mirandes tahun 1988-1990, Zaragoza B tahun 1990-1993, Maspalomas tahun 1993-1994, Badalona tahun 1994-1995 dan Balaguer tahun 1995-2001.

Karir Pelatih

Julio Banuelos Saez memulai karir sebagai pelatih di Lleida tahun 2001-2002, Alaves tahun 2002-2005, Alaves B tahun 2005-2006, Alaves tahun 2008, Mirandes tahun 2008-2010, Burgos tahun 2011 dan Olot tahun 2013.

Kemudian, AEK Larnaca sebagai asisten tahun 2014-2016, asisten pelatih APOEL tahun 2016-2017, Leeds United tahun 2017-2019, Indonesia sebagai asisten pelatih tahun 2018-2019 dan Persija tahun 2019.