Pentingnya Membersihkan Memori HP OPPO

28

Setelah beberapa lama handphone OPPO kita digunakan, maka pastinya akan mengalami tanda-tanda perlambatan. Bahkan fenomena ini bisa terjadi di semua jenis smartphone, sekalipun memilih harga hingga puluhan juta rupiah.

Sadar atau tidak sadar, salah satu penyebab melambatnya kinerja dan performa handphone OPPO kita tersebut adalah memori perangkat yang sudah mulai memasuki zona merah.

Untungnya, ponsel OPPO memiliki fitur bawaan yang dapat membantu kita membersihkan memorinya sendiri, sehingga mempercepat kinerjanya kembali tanpa harus mencari aplikasi pihak ketiga dan mempraktekkan oppotutorial yang super ribet.

Ada empat langkah praktis yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghapus dan membersihkan memori hanpdhone OPPO yang tengah kamu pegang saat ini, yaitu:

  1. Masuk ke bagian menu aplikasi, lalu pilih security center. Dari sana, ketuk ikon roket yang bertuliskan clean up and boost feature.
  2. Dari sini, sistem smartphone akan mulai melakukan pemindaian file data secara otomatis, termasuk sampah dan iklan yang tak diperlukan. File-file ini biasanya akan bersemayam dan semakin menumpuk seiring dengan berjalannya waktu.
  3. Bersabarlah dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  4. Lakukan langkah ini secara berkala secara teratur.

Kamu bisa menggunakan langkah di atas selama seminggu atau dua minggu sekali untuk memberikan hasil yang terbaik. Beberapa file tak diperlukan yang seringkali menumpuk tak terkontrol adalah bagian cache.

Jangka waktu tersebut sangatlah optimal untuk menghapus cache yang memberatkan handphone OPPO kita.

Sebaliknya, membersihkan memori terlalu sering juga kurang begitu bagus bagi kesehatan ponsel kita.

Kamu pun tak perlu khawatir, karena pembersihan memori ini tak akan menghapus aplikasi dan data-data penting dalam handphone kamu. Dengan begitu, video dan foto-foto akan dipastikan tetap aman bersemayam di dalam galeri.

Beberapa file yang akan ditendang oleh fitur ini hanyalah data-data sampah sebagai bentuk limbah dari aktivitas kita sehari-hari.

File-file tersebut bisa kita ibaratkan sebagai jejak kaki kita saat melangkah, yang mana harus kita bersihkan secara berkala agar lantai tetap bersih dan enak dilihat.