Menggunakan Gadget Tanpa Kehilangan Sosialisasi Offline Pada Anak

gambar unggulan

Orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya, alasan yang samapun digunakan untuk menjadi latar belakang dibelikannya hp dan gadget terbaru lainnya pada anak.

Realitanya hal ini tidak seimbang dengan koneksi offline antara orang tua & anak, di era informasi yang deras & intens dengan penggunaan teknologi ini, orang tua bahkan tidak tahu dan tidak sadar bahwa pentingnya koneksi offline sosial ketimbang koneksi secara online.

Koneksi secara online sudah sering dilakukan, namun realitanya banyak sekali hal ini terjadi pada anak bahwa di saat sedang hangout di café misalnya dengan teman- temannya, si anak lebih memilih untuk chatting dengan temannya yang jauh entah dimana secara online ketimbang chatting langsung secara offline dengan temannya yang nyata- nyata sudah ada di depan mata.

Pengetahuan untuk menggunakan gadget tanpa kehilangan sosialisasi offline pun menjadi sangat penting untuk diketahui pada anak.

Lalu bagaimana untuk menyampaikan hal ini kepada anak supaya mereka mengerti?

Beritahu mereka bahwa semua jenis komunikasi itu ada untuk memudahkan kita, dan yang terbaik dan terutama selalu adalah offline.

Selain itu penggunaan hp saat ini sering kali bukan untuk komunikasi online, namun lebih kepada mencari perhatian. Banyak sekali postingan sosial media yang tujuannya bukan untuk hal lain, selain dari untuk mencari perhatian.

Banyak sekali orang di online yang bahkan tidak sadar akan hal ini, dan mereka berusaha memberikan simpatinya kepada banyak orang di sosial media yang melakukannya.

Misalnya si anak sudah jelas sangat senang dengan hpnya yaitu yang terbaru realme v13 5G, jangan hanya terpaku dengan memegang hp ini terus- menerus terlebih misalnya ketagihan gaming. Bila tidak gaming dia sampai tidak tahu harus ngapain lagi.

Minta untuk si anak untuk mulai melakukan banyak hal secara offline dan berkegiatan yang harus komunikasi dengan orang lain. Hal ini pasti akan membuat si anak sadar bahwa realita dibandingkan dengan di hp itu berbeda. Karena banyak orang yang hanya menggunakan hp di sosial media hanya untuk mencari perhatian dan tidak memberikan manfaat real kepada audiensnya.