Budidaya Ikan Air Tawar, Ini Jenis Ikan Yang Menguntungkan

Budidaya ikan air tawar

Budidaya ikan air tawar tentunya lebih udah dilakukan karena tidak perlu mempertimbangkan kadar salinitas dikolam pemeliharaan. Selain itu, adanya buddiaya ikan ini bisa menggantikan ikan laut yang mulai berkurang karena adanya overfishing.

4 Jenis Ikan untuk Budidaya Ikan Air Tawar

Ada banyak jenis ikan air tawar yang bisa dibudidayakan mulai dari ikan hias hingga ikan konsumsi. Berikut ini jenis ikan air tawar yang paling menguntungkan untuk dibudidayakan.

1.Ikan Lele

Ikan lele cukup banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah warung makan yang menyediakan menu ikan lele. Selain dijadikan untuk lauk, ikan lele juga bisa diolah menjadi berbagai macam produk makanan mulai dari bakso lele, abon lele hingga keripik kulit lele.

Tentunya hal ini menjadi peluang usaha dengan anakan atau bibit ikan lele harus dimanfaatkan dengan baik. Apalagi budidaya ikan air tawar ini juga tergolong cukup mudah.

2.Ikan Nila

Selain ikan lele, ikan nila juga menjadi salah satu ikan konsumsi yang cukup banyak diminati. Selain itu, ikan nila juga tidak membutuhkan waktu pemeliharaan yang lama, yaitu berkisar antara 4 sampai 6 bulan.

Ikan nila juga tergolong cukup kuat beradaptasi dengan lingkungan serta menghasilkan telur yang sangat banyak, sehingga budidaya ikan air tawar ini cukup mnguntungkan.

3.Ikan Koi

Ikan ini merupakan salah satu ikan hias yang sering digunakan sebagai hewan peliharaan di kolam depan rumah. Ikan koi memiliki warna yang menarik dan termasuk ikan yang cukup populer di seluruh dunia. Selain itu, pada tubuhnya terdapat berbagai corak warna yang berbeda beda sehingga membuat ikan ini enak dipandang.

4.Ikan Arwana

Ikan arwana terkenal dengan harganya yang sangat mahal. Ikan ini juga dipercaya bisa mendatangkan rezeki kepada pemiliknya. Ikan hias yang satu ini cukup banyak diburu bagi para pecinta ikan hias.

Budidaya ikan air tawar ini tentunya bisa memberikan keuntungan yang besar. Namun, sebelum melakukannya sebaiknya pelari dulu cara budidaya ikan arwana yang tepat.

Itulah beberapa jenis ikan yang menguntungkan untuk dibudidayakan. Namun, dalam membudidayakan ikan ini, harus dipelajari terlebih dahulu bagaimana cara budidaya yang tepat.

Hal ini bertujuan agar tidak sampai banyak ikan yang mati sehingga menyebabkan anda tidak mendapatkan keuntungan yang diperoleh tetapi justru akan rugi. Jika masih pemula, sebaiknya budidaya ikan air tawar jenis lele karena lebih mudah dibudidayakan.