gambar unggulan

Saat ini, dunia hiburan tanah air sedang berkembang pesat. Bahkan, dengan kemajuan teknologi, orang bisa membuat konten hiburan dan jadi terkenal hanya bermodal kuota internet. Pekerjaan-pekerjaan baru semisal Youtuber ataupun selebgram yang tadinya seperti hobi belaka pun kini menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Untuk membuat konten serius seperti pertunjukkan musik, acara talk show atau wawancara, kita harus menyewa studio komersil yang mumpuni agar hasil konten yang didapat maksimal.

Jika Anda berdomisili di Jakarta dan ingin sewa studio di Jakarta Barat, Bali United Studio bisa jadi solusi terbaik. Namun, jika Anda ingin menjajal studio rumahan, berikut beberapa tips trik yang bisa dilakukan.

  1. Siapkan tempat yang luas

Untuk bermusik, Anda membutuhkan tempat yang lapang dan luas untuk menampung ragam alat music yang dibutuhkan mulai dari gitar hingga seperangkat drum. Anda bisa memanfaatkan ruangan kosong di rumah atau halaman. Meski tentu saja penggunaan halaman terbuka agak repot karena Anda harus memasukkan dan mengeluarkan alat musik dari rumah saat akan digunakan atau selesai digunakan. Jika tak ada ruang luas dalam rumah, Anda bisa menggabungkan dua ruangan sekaligus untuk mendapatkan tempat yang ideal.

tempat luas min

Namun jika Anda menginginkan studio khusus konten yang lebih sederhana seperti podcast atau sesi memasak misalnya, tempat minimalis seperti sebuah ruang berukuran sedang yang didekorasi sesuai kebutuhan konten pun bisa jadi solusi praktis.

 

  1. Pakai peredam suara

Menggunakan peredam suara semata bukan agar Anda tidak mengganggu sekitar jika sedang bermusik, melainkan tujuan utamanya adalah mengurangi gangguan dan suara yang tidak diinginkan dari luar studio. Anda bisa membuat peredam suara sendiri mengelilingi keseluruhan dinding studio dari panel kayu dan dry wall. Pilihlah bahan yang berkualitas agar didapat hasil yang maksimal karena kualitas peredam akan sangat berpengaruh kepada hasil rekaman.

Khusus konten bincang-bincang, sesi memasak, dan sejenisnya yang berupa vlog, Anda tak harus memakai peredam tetapi tetap wajib menjaga keadaan sekitar agar suara-suara bising tidak masuk dan mengganggu proses rekaman Anda.

 

  1. Pemilihan pendingin udara

Dalam ruangan yang kedap dan minim ventilasi, tentu Anda membutuhkan pendingin udara agar bisa bermusik dengan nyaman. Meski ini terkesan sepele, tetapi pemilihan pendingin udara alias AC sangat berpengaruh pada kualitas rekaman kegiatan yang dihasilkan. Beberapa merk pendingin udara tidak cukup senyap sehingga suaranya berpotensi mengganggu dan masuk ke dalam rekaman. Jadi, bijaklah dalam memilih pendingin udara untuk studio mini rumahan Anda.

 

  1. Penambahan furniture

Jika Anda melihat studio-studio produksi komersil, ada ragam furniture yang diletakkan dengan berbagai fungsi dan tujuan. Nyatanya, penempatan furniture dalam ruang studio bukan smeata-mata untuk menambah kesan apik atau sebagai fungsinya menampung barang bawaan. Furniture juga bisa merangkap fungsi untuk meredam suara. Jadi, pemilihan furniture yang sesuai akan berdampak pada kualitas rekaman suara yang dihasilkan.

 

Bali United Studio

Itulah tadi sedikit tips yang bisa lakukan saat hendak membuat studio mini rumahan, tetapi jika Anda tak mau repot dan ingin cara gampangnya saja, Bali United Studio siap memberikan kesan pengalaman bermusik yang menyenangkan. Studio yang terletak di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini bukan hanya menawarkan fasilitas untuk bermusik tetapi juga untuk event-event penting lainnya. Beberapa event besar yang pernah digelar di Bali United Studio antara lain Ideafest 1 dan Ideafest 2, Festival Diskon Nasional, proses shooting, hingga beberapa konser musik. Dengan range harga yang dimulai dari rp. 500.000,- saja, Anda bisa menikmati ragam fasilitas Bali United Studio yang dijamin tak mengecewakan.

By penulis