Bagi Anda Warga Surabaya, Segera Miliki NPWP Agar Lebih Mudah Dalam Mengurus Pajak

 

Tanpa adanya sebuah pajak, maka sebuah negara akan sulit membangun infrastruktur atau kebijakan-kebijakan yang mensejahterakan masyarakatnya. Makanya, pajak di mana pun juga sering ditegaskan dengan peraturan ketat agar orang-orang yang sudah menjadi wajib pajak taat membayar pajak. Begitu juga di Indonesia, aturan-aturan ketat berkaitan dengan pajak diberlakukan dengan tegas, siapapun yang melanggar akan terkena sanksi dan denda. Nah, salah satu alat untuk membayar pajak adalah NPWP, atau nomor pokok wajib pajak, apa sih NPWP itu? Mari kita ulas bareng-bareng.

NPWP merupakan nomor yang diberikan pada setiap wajib pajak sebagai sarana atau alat pada saat mengurus administrasi perpajakan, NPWP sama pentingnya dengan KTP sebab digunakan sebagai tanda pengenal atau identitas dari wajib pajak terkait dalam pemenuhan hak serta kewajibannya. Selain digunakan sebagai identitas, NPWP mempunyai fungsi tersendiri untuk menjaga kedisiplinan dan kepatuhan pembayaran pajak dari wajib pajak serta pengawasan administrasi perpajakan. Semua dokumen tentan perpajakan mempunyai kaitan dengan nomor NPWP.

Di mana setiap wajib pajak hanya diberikan satu NPWP saja, nomor NPWP ini terdiri dari angka 15 digit, 9 digit angka adalah informasi kode dari wajib pajak, sementara sisanya merupakan informasi kode administrasi. Berikut rincian dari NPWP beserta penjelasannya, antara lain:

  1. 2 digit yang pertama adalah menampilkan identitas wajib pajak, contoh 01-03 merupakan wajib pajak badan, 04-06 merupakan wajib pajak pengusaha dan seterusnya.
  2. 6 digit berikutnya menunjukkan nomor registrasi atau nomor urut KPP yang tekah diberikan oleh direktur jenderal pajak
  3. 1 digit berikutnya adalah sebagai kode pengaman supaya tidak terjadi kesalahan atau pemalsuan NPWP
  4. 3 digit berikutnya adalah kode kantor pelayanan pajak terdaftar
  5. 3 digit terakhir merupakan status wajib pajak dimana  bisa tunggal, pusat ataupun cabang. Meliputi:
    – 000 adalah status wajib pajak tunggal atau pusat
    – 001 adalah status wajib pajak cabang
    – Dan seterusnya

Apa Saja Jenis NPWP?

NPWP terdapat 2 jenis yang bisa dibedakan, berikut jenis-jenis dari NPWP beserta penjelasannya, antara lain:

1.NPWP Pribadi

NPWP pribadi merupakan NPWP yang dimiliki oleh seseorang yang mempunyai pendapatan di Indonesia, berikut ini individu yang harus membuat NPWP pribadi, antara lain:

Memiliki pendapatan dari pekerjaan
Memiliki pendapatan dari pekerjaan bebas
Memiliki pendapatan dari dari usaha

2. NPWP Badan

NPWP badan merupakan NPWP yang harus dimiliki oleh perusahaan atau badan, yang memperoleh pendapatan di Indonesia, berikut ini badan yang harus membuat NPWP badan, antara lain:

BUMN (Badan Usaha Milik Pemerintah)
BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)

Apa Saja Manfaat NPWP?

Meskipun tujuan utama dari pembuatan NPWP untuk melengkapi persyaratan pajak, banyak manfaat-manfaat lain dari pembuatan NPWP ini, bahkan bisa digunakan selain pajak, simak rangkuman berikut ini, antara lain:

  1. Persyaratan Administrasi

Kepemilikan NPWP mempermudah pengurusan persyaratan administrasi seperti di bank, beberapa instansi perbankan saat ini mengharuskan NPWP sebagai salah satu syarat utama di tempat tersebut, seperti pengajuan kredit bank, rekening dana nasabah atau RDN, rekening efek, rekening bank, pembuatan surat izin usaha perdagangan atau SIUP dan pembuatan paspor.

2.Dipermudah Urusan Perpajakan

Manfaat lain yang bisa didapat dari NPWP adalah kaitannya langsung dengan kemudahan pengurusan semua bentuk administrasi perpajakan, apabila tidak mempunyai NPWP, wajib pajak bisa jadi tidak diperbolehkan membuat dokumen-dokumen terkait. Sebagai contoh jika ingin mengurus restitusi pajak, apabila tidak mempunyai NPWP maka tidak diizinkan untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

3.Terbebas dari Denda

Dengan kepemilikan NPWP, maka wajib pajak bisa terhindar dari sanksi hukum, sebab wajib pajak yang tidak melaksanakan ketentuan pajak adalah wajib pajak yang tidak mempunyai NPWP dan akan terkena sanksi pidana sesuai dengan pasal yang ditetapkan.

Masih kesulitan dalam memahami peran penting NPWP? Kami selaku konsultan pajak surabaya akan menawarkan sesuatu yang spesial untuk anda, yaitu jasa pembuatan NPWP surabaya. anda tinggal duduk manis di rumah dan NPWP akan jadi dengan cepat, tepat dan lengkap sesuai keinginan anda.