Apakah Gonore itu dan Apakah Hubungannya Dengan Keputihan

apakah gonore itu dan apakah hubungannya dengan keputihan

Gonore adalah salah satu jenis keputihan dengan ciri ciri munculnya cairan lendir keputihan yang berwarna putih kekuningan yang gejalanya disertai iritasi pada area luar vagina seperti muculnya bercak kemerahan dan pembengkakan pada alat kelamin, jika sudah parah sering diiringi rasa terbakar atau gatal pada area vagina bahkan sampai mengalami pendarahan vagina.

Gonore adalah termasuk jenis keputihan yang murupakan penyakit menular seksual (PMS) yang sangat umum disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae, bakteri yang ini dapat tumbuh dan berkembang biak dengan cepat dan mudah di daerah yang hangat dan lembab pada saluran reproduksi, termasuk leher rahim, rahim, saluran telur dan di uretra. (saluran urin).

Gonore ini merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang sudah ada sejak jaman dahulu dan hingga saat ini diperkirakan lebih dari satu juta wanita didunia saat ini pernah terinfeksi bakteri yang menyebabkan penyakit gonore.

Adapun diantara wanita yang terinfeksi, sekitar 25%-40% juga akan terinfeksi bakteri Chlamydia, yaitu jenis bakteri lain yang menyebabkan PMS.  Biasanya dokter akan merekomendasikan pengobatan pada semua wanita yang didiagnosis dengan gonore juga menerima pengobatan untuk Chlamydia.

Penyebaran yang diakibatkan oleh bakteri gonore ini tidak dapat ditularkan dari dudukan toilet atau gagang pintu. Bakteri yang menyebabkan gonore membutuhkan kondisi yang sangat spesifik untuk pertumbuhan dan reproduksi. Bakteri jenis ini tidak dapat bertahan lama untuk hidup di luar tubuh, mungkin hanya bisa bertahan tidak lebih dari beberapa detik atau menit saja.

Bakteri ini juga tidak dapat hidup di kulit tangan, lengan, atau kaki. Ini bertahan hanya pada permukaan lembab di dalam tubuh dan paling sering ditemukan di vagina, dan, lebih umum, leher rahim. Ia juga dapat hidup di uretra tempat urin mengalir dari kandung kemih. Gonore bahkan bisa ada di bagian belakang tenggorokan (dari kontak oral-genital) dan di rektum.

Orang yang sudah terinfeksi bakteri ini juga dapat menyebarkan gonore dari satu bagian tubuh ke bagian lain melalui sentuhan. Gonore dapat menyebar melalui semua bentuk aktivitas hubungan seksual termasuk seks oral, vaginal, dan rektal. Gonore dapat ditularkan ke bayi baru lahir jika ibu mereka terinfeksi saat melahirkan.

Cara mengatasi keputihan seperti menerapkan kebersihan khususnya pada area organ intim wanita dengan sering mendi dan menggunakan pakaian dalam yang dapat menyerap keringan merupakan pencegahan pertama yang bisa dilakukan. Untuk pengobatan lebih lanjut Anda disarankan untuk segera menghubungi dokter.