ac mobil kurang dingin

Banyak pemilik mobil telah mencari tahu alasan di balik pembekuan AC mobil mereka. Ini mungkin karena penggunaan bentuk refrigeran yang salah atau kegagalan sabuk penggerak mobil Anda. Beberapa orang juga mengeluh bahwa AC mobil kurang dingin dengan baik bahkan setelah direkondisi. Apa pun alasannya, masalahnya dapat dengan mudah diselesaikan dengan penggantian suku cadang sistem AC yang tepat.

Kenapa AC Mobil Kurang Dingin?

penyebab ac mobil tidak dingin

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa ketika Anda menyalakan AC mobil dan tidak langsung dingin? Mengapa demikian? Ini karena termostat tersandung dan udara dingin yang seharusnya mengalir langsung ke bagian depan motor malah terus ke bawah. Alasannya bisa jadi kombinasi dari dua hal – termostat yang rusak dan kurangnya pendinginan udara ke dalam motor. Jika Anda ingin memperbaiki masalah, berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda.

Pertama, periksa kondensor mobil Anda apakah ada penyumbatan. Anda tidak ingin mencoba memperbaiki unit kondensor itu sendiri karena bagian ini sangat rapuh. Jika kondensor tersumbat, udara dingin tidak akan bisa mengalir bebas melaluinya. Hal ini dapat menyebabkan overheating yang menyebabkan pembekuan AC Anda. Ini juga dikenal sebagai “sindrom pengalih”. Dalam kebanyakan kasus, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengganti yang lama dengan yang baru dan hanya itu.

Kedua, mungkin ada beberapa masalah kelistrikan yang menyebabkan ac mobil Anda tidak berfungsi dengan baik. Salah satu masalah ini adalah koneksi yang buruk antara kompresor AC dan kondensor. Kondensor kemudian akan mencoba mendinginkan udara dengan menggunakan refrigeran alih-alih memanaskannya. Akibatnya, sistem Anda akan berpikir bahwa AC sudah panas padahal seharusnya masih dingin. Hal ini kemudian akan mengakibatkan AC Anda menjadi sangat keras dan mengeluarkan suara mendengung.

Masalah umum lainnya adalah gasket bocor atau koil evaporator. Kedua bagian ini biasanya terletak di bagian belakang AC Anda. Koil evaporator yang rusak akan menyebabkan AC mulai meniupkan udara panas, bukan mendinginkannya. Kabar baiknya adalah dapat dengan mudah diperbaiki oleh dealer mobil Anda atau penggemar DIY.

Ketiga, mobil Anda dan mungkin mengalami beberapa sekring putus. Jika Anda melihat banyak lonjakan daya dan suara dari AC Anda, itu berarti ada sekring yang putus. Penting untuk diketahui bahwa sebagian besar mobil dan sistem memiliki beberapa ukuran sekering yang berbeda. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk mengganti sekering jika udara panas bertiup dingin. Anda tidak dapat memiliki dua ukuran sekering yang berbeda, terutama jika Anda ingin mencegah tagihan listrik yang besar!

Terakhir, ada juga beberapa masalah umum yang hanya terjadi pada mobil dan sistem yang berusia lebih dari dua puluh lima tahun. Ini termasuk kipas penguras, dan Mengganti sabuk. Bagian terburuk tentang masalah ini adalah bahwa mereka dikenakan biaya uang ekstra! Untungnya, hal-hal ini tidak terlalu umum, tetapi jangan pernah takut untuk menghubungi bengkel mobil terdekat untuk meminta bantuan. Dia akan dapat memperbaiki masalah dalam waktu singkat, dan menghemat ratusan tenaga kerja!

Salah satu masalah umum terakhir yang dapat membuat ac mobil Anda tidak cukup dingin adalah kadar refrigeran yang rendah. Ini dapat terjadi pada semua jenis sistem, tetapi terutama yang memiliki tangki pendingin rendah. Hal ini disebabkan oleh kadar refrigeran yang rendah karena AC mobil Anda belum bekerja secara optimal untuk mendinginkan rumah Anda.