Penyebab Bau Ketiak dan Cara Pencegahannya

Semua orang pasti merasa tidak nyaman dengan bau ketiak. Masalah ini memang sering dialami oleh banyak orang dan menyebabkan kepercayaan diri menurun drastis. Ada beberapa pilihan cara menghilangkan bau ketiak untuk dicoba sebenarnya. Agar bisa memilih cara atau solusi mana yang paling tepat, maka penting sekali untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Bau Ketiak

Masalah bau ketiak ini bagi sebagian orang sangat sulit untuk diatasi. Bahkan seringkali sudah dicoba berbagai macam cara tapi bau ketiak tetap tidak bisa hilang. Supaya bisa mendapat solusi yang tepat, maka pahami dulu penyebabnya. Berikut ini adalah 5 penyebab bau ketiak serta bagaimana cara pencegahan yang bisa Anda lakukan:

1. Bakteri pada Tubuh

Bau ketiak bisa disebabkan oleh adanya bakteri di tubuh khususnya pada bagian ketiak. Bakteri akan menghasilkan bau tidak sedap yang membuat Anda jadi bau badan. Solusi terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi ini adalah selalu jaga kebersihan. Mandilah secara rutin dua kali sehari dan pastikan untuk memakai produk sabun yang tepat demi membasmi semua bakteri yang ada di tubuh.

Sayangnya pada sebagian orang mandi saja tidak cukup untuk menghilangkan bau badan yang membandel. Untuk membersihkan bakteri secara menyeluruh, maka disarankan pula mencukur rambut ketiak sampai bersih. Langkah ini bisa membantu membersihkan bakteri yang bersarang di rambut ketiak.

2. Tidak Berganti Pakaian

Selain bakteri pada badan, bau ketiak juga bisa dipicu oleh bakteri yang menempel pada pakaian. Jika Anda tidak terbiasa mengganti baju secara rutin, maka bisa saja akan muncul masalah bau ketiak ini. Salah satu pilihan cara menghilangkan bau ketiak secara efektif adalah rutin mengganti pakaian.

Setiap kali selesai mandi, gantilah baju dengan yang baru dan letakkan baju kotor di tempat cucian. Pakai ulang baju Anda tanpa dicuci hanya jika Anda tidak melakukan kegiatan yang berat. Jika Anda tidak melakukan aktivitas yang berat dan baju juga tidak terlalu kotor baru simpan baju di tempat yang bersih untuk dikenakan kembali.

3. Tidak Makan Sehat

Pola makan ternyata juga berpengaruh pada bau ketiak. Pola makan yang tidak sehat bisa memicu bau ketiak yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Sangat disarankan untuk selalu makan menu yang sehat dan gizinya lengkap Batasi juga jenis bahan makanan yang beraroma kuat seperti bawang dan daging kambing. Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein.

Minum air putih yang banyak juga dianggap sebagai pilihan cara yang direkomendasikan untuk mengatasi bau badan. Dehidrasi bisa saja menyebabkan munculnya aroma tubuh tidak sedap. Oleh sebab itu pastikan tubuh Anda selalu mendapat cukup cairan dengan meminum banyak air putih setiap hari.

4. Obesitas

Faktor lain yang bisa menyebabkan munculnya bau ketiak adalah obesitas. Kelebihan berat badan bisa memicu munculnya bau badan yang tidak sedap. Sangat penting untuk menjaga bobot tubuh di batas ideal atau normal. Selain demi alasan kesehatan juga demi menghindarkan tubuh dari bau ketiak.

Mengapa orang dengan kondisi obesitas berisiko bau badan? Hal ini disebabkan oleh banyaknya lipatan tubuh pada orang yang obesitas. Lipatan-lipatan tersebut bisa menjadi sarang tempat kuman berkembang biak. Akibatnya, tubuh jadi dipenuhi bakteri dan muncullah bau tidak sedap.

5. Infeksi Kulit

Kondisi lainnya yang dapat menyebabkan bau ketiak adalah infeksi kulit. Infeksi yang menyerang permukaan kulit bisa menyebabkan produksi keringat mengandung urea dalam kadar yang tinggi. Kondisi ini akan menyebabkan munculnya bau tidak sedap di tubuh Anda.

Solusi yang bisa diambil adalah sebisa mungkin mengusahakan perawatan terbaik saat kulit terkena infeksi. Hindari zat-zat yang bisa memicu alergi dan memperparah infeksi kulit. Konsultasikan kondisi infeksi pada dokter untuk mendapat perawatan dan pengobatan yang tepat.

Itulah tadi 5 penyebab munculnya bau ketiak serta cara pencegahannya. Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan bau ketiak sampai menemukan cara yang dirasa paling efektif. Ingat, kecantikan diri tidak hanya terpancar dari tampilan fisik tetapi juga kebersihan dan aroma tubuh yang wangi.

By Maitsa