4 Langkah Kirim Barang ke New Zealand

kirim barang ke New Zealand

Pengiriman paket ke New Zealand atau negara Eropa lainnya memang sudah semakin banyak dan sering terjadi. Agar bisa kirim barang ke New Zealand tentunya membutuhkan kelengkapan dokumen dan regulasi sesuai dengan peraturan negara tersebut. Misalnya berkas dari pihak Bea Cukai.

Kelengkapan Dokumen Kirim Barang ke New Zealand

Pengiriman paket pribadi dengan ekspor tentunya berbeda, dari cara penanganan juga kelengkapan dokumen semuanya tidak sama. Banyak orang bingung saat ingin memulai ekspor namun tidak tahu langkah awal apa yang harus dilakukan. Penjelasan dibawah ini bisa jadi jawabannya.

  1. Surat Izin Usaha Perusahaan ( SIUP)
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP)
  3. Invoice atau packing list barang ekspor

Langkah-langkah Kirim Barang ke New Zealand Lewat Jalur Ekspedisi

Pengiriman barang ke luar negeri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pengiriman lokal atau domestik. Kirim barang juga tetap lewat ekspedisi pilihan, dengan begitu barang bisa sampai dengan selamat sampai ke tempat tujuan. Berikut adalah langkah per langkah harus di lakukan.

  1. Hubungi Customer Service

Setelah melakukan packing standar biasa pada barang pertama hubungi dulu pihak customer service dari jasa pengiriman. Biasanya mereka memiliki website pribadi yang mencantumkan informasi lengkap beserta dengan kontak pribadi dari ekspedisi tersebut. Lengkap juga dengan media sosialnya.

Setelah mendapat jawaban dari customer service segera tanyakan apakah paket bisa dijemput langsung ke rumah. Jika Anda sudah tahu berapa berat atau volume dari paket tersebut maka dapat ditanyakan berapa estimasi biaya pengiriman dari paket tersebut. Jadi bisa langsung bayar melalui transfer.

  1. Pilihan Paket

Biasanya customer service juga akan memberikan pilihan paket pengiriman kepada pelanggan. Harga dari masing-masing paket tentunya berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan dan kecepatan waktu pengiriman. Semakin cepat barang sampai di tempat tujuan tentu ongkosnya juga bertambah mahal.

Pengiriman ke luar negeri standarnya memiliki tenggat waktu sampai 7 hari lamanya, namun kurang dari 7 hari juga bisa. Selain itu semakin berat barang ongkosnya juga akan bertambah mahal. Sebab hitungannya adalah kemampuan barang memenuhi ruang pengiriman, bukan hanya per kg saja.

  1. Pembayaran

Bila sudah menentukan pilihan paket yang diinginkan selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Bagi beberapa ekspedisi yang sudah terpercaya pembayaran biasanya sudah bisa melalui transfer m-banking atau dompet digital. Tidak perlu ke kantor pengiriman lagi untuk membayar ongkosnya,

Setelah pembayaran biasanya Anda juga akan mendapatkan invoice pengiriman. Disitu sudah tertulis quality barang juga detail lain seperti isi paket. Di invoice juga sudah terdapat nomor resi yang berguna untuk pemeriksaan barang melalui situs tracking yang sudah dipersiapkan oleh ekspedisi.

  1. Cek Pengiriman Barang Secara Berkala

Terakhir adalah melakukan pemeriksaan barang secara berkala. Karena bagaimanapun pengiriman ke luar negeri membutuhkan waktu lebih lama, jadi setiap hari harus selalu diperiksa melalui sistem tracking agar terlihat kemajuannya. Dengan begitu hati terasa nyaman juga.

Terkadang saat sistem tracking sedang mengalami masalah sehingga membuat bingung pelanggan. Namun jika Anda menggunakan jasa pengiriman profesional tidak perlu khawatir, sebab sudah ada kontak pribadi dari customer service yang juga fast respon.

Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan ketika ingin mengirimkan barang ke luar negeri. Biasanya dengan bantuan jasa ekspedisi terpercaya Anda juga dibimbing untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, bila masih bingung Kilo.id bisa jadi rekomendasi ekspedisi terpercaya.